video conference Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, dan elemen terkait dengan Menteri Kesehatan, Nila Moeloek | Jay/initasik.com
Kesehatan

Perempuan Usia 30 Tahun ke Atas Disarankan Deteksi Kanker Serviks


initasik.com, kesehatan | Kaum hawa berusia 30 tahun ke atas disarankan untuk mendeteksi kanker serviks yang dikhawatirkan sudah bersarang dalam tubuh. Pendeteksian itu penting dilakukan agar kanker mematikan tersebut tidak menjalar ganas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Z Kholis, menjelaskan, mereka yang mengidap kanker serviks awalnya tidak merasakan kelainan apapun. Tubuhnya sehat-sehat saja. Namun, jika sudah mencapai stadium tertentu, dampaknya baru terasa. Risikonya bisa meninggal dunia.

“Kaum wanita yang sudah berusia 30 tahun, ada keluhan atau tidak ada keluhan, harus diperiksa. Lebih baik inisiatif memeriksakan diri untuk memastikan apakah aman atau tidak,” ujarnya usai mengikuti video conference Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, dan elemen terkait dengan Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, di aula Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Senin, 23 Oktober 2017.

Menurutnya, jika ternyata terdeteksi ada serviks, dan itu diketahui sejak dini, maka penanganannya akan lebih mudah, ketimbang sudah stadium 2, misalnya. Untuk mendeteksi itu bisa melalui pap smear dan inspeksi visual asam (IVA).

“Untuk pap smear bisa di puskesmas, bidan, atau laboratorium. Caranya mudah dan murah. Begitupun IVA. Kalau sudah terdeteksi serviks harus kriyoterapi, dan itu bisa sembuh total asal terapinya dilakukan berkala,” paparnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentari

Komentari