Seni Budaya

Perguruan Pencak Silat Gelar Pusaka Mekarwangi; Ajak Anak Muda Lestarikan Seni Bela Diri

initasik.com, seni budaya | Sekitar lima tahun lalu, Cecep Subrata Suryadilaga mendirikan Perguruan Pencak Silat Gelar Pusaka Mekarwangi di Kampung Cipondok, Desa Cipondok, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya. Misinya ingin melestarikan seni bela diri warisan leluhur itu.

Ia lantas mengajak anak-anak di daerahnya untuk bergabung. “Selain melestarikan, kita juga mengembangkan seni bela diri silat dan membina anak-anak muda agar tidak tercerabut dari akar kebudayaannya sendiri,” tutur Cecep.

Kini, ia mengaku sudah memiliki lebih dari seratus anggota. Kebanyakan siswa SD dan SMP. Anak SMA dan umum juga ada. Mereka latihan rutin tiap Rabu, Kamis, Jumat, dan Minggu. “Saya juga melatih anak-anak di sekolah,” imbuhnya.

Selain melatih silat di pergurannya, Cecep mengaku suka melatih murid di sekolah. Misalnya melatih di SMP Islam Kiarakuda, SD Gersik 4 Jamanis dan lainnya. “Target kita memang anak-anak sekolah. Mereka generasi penerus bangsa yang harus jadi penjaga seni budaya kita,” tandasnya.

Menurutnya, sejak anak-anak berlatih silat, mereka tidak hanya bisa bela diri, tapi juga menata diri. Ada perubahan perilaku dan mental. “Asalnya suka bicara kasar, sekarang bisa sopan,” sebutnya semringah. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?