Birokrasi

Peringatan HANI dan Hari Koperasi Minus Kehadiran Dede Sudrajat

initasik.com, birokrasi | Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Dede Sudrajat, masih belum menginjakkan kakinya di bale kota. Sejak usai pilkada kemarin, ia jarang masuk kantor, termasuk hari ini, Senin, 17 Juli 2017.

Padahal, ada dua agenda yang dilangsungkan sekaligus di halaman bale kota, yaitu peringatan Hari Anti-Narkotika Internasional (HANI) dan Hari Koperasi Nasional ke-70. Terkait koperasi, posisi Dede terbilang penting. Ia adalah ketua Dewan Koperasi Daerah Kota Tasikmalaya. Tidak ada yang tahu kenapa dia tidak hadir.

Menteri Koperasi dan UMKM AAGN Puspayoga dalam sambutannya yang dibacakan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan, pemberdayaan koperasi dan UMKM secara efektif mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengangguran, dan penciptaan lapangan kerja.

Menurutnya, koperasi dan UMKM merupakan unit usaha besar di Indonesia dengan jumlah kurang lebih 56,26 juta unit yang menyerap 123,2 juta orang. “Itu berarti lebih dari 96,71 persen tenaga kerja merupakan kontribusi KUMKM dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia,” sebutnya.

Berkenaan dengan perkembangan kewirausahaan di Indonesia, ia mengatakan, jumlahnya mengalami peningkatan. Berdasarkan sensus ekonomi 2016, jumlah wirausaha nonpertanian sebanyak 7,8 juta orang.

“Kementerian Koperasi dan UMKM saat ini sedang mengembangkan berbagai program, antara lain akses permodalan bagi para pengusaha, penyaluran kredit usaha rakyat tanpa agunan, pembiayaan melalui CSR yang dananya berasal dari BUMN dan swasta, serta mengikutsertakan dalam berbagai pameran,” tuturnya.

Di era digital seperti sekarang, jutaan pelaku UMKM telah memanfaatkan kemajuan teknologi. Apalagi, berdasarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada 2016, ada 132,7 juta pengguna internet di Indonesia. “Itu tentunya merupakan peluang bagi para pelaku bisnis, khususnya koperasi dan UMKM untuk memasarkan barang dan jasa melalui dunia maya,” ujarnya. [Jay]