Sosial Politik

Perlu Kesadaran Masyarakat dalam Buang Sampah

initasik.com, sosial | Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, Dudi Mulyadi, mengaku, pihaknya terkendala keterbatasan sarana-prasarana dalam menangani persoalan sampah. Jumlah armada dan pegawai kebersihan belum sebanding dengan banyaknya volume sampah setiap harinya.

Namun, meski kendala tersebut sudah teratasi, sampah akan tetap menjadi masalah jika kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah belum disiplin. Sampai sekarang masih banyak masyarakat yang buang sampah bukan pada tempatnya.

“Penanganan sampah ini menjadi PR bersama. Kami mengimbau agar masyarakat bisa disipilin dalam membuang sampah. Jangan sembarangan,” ujarnya usai dilantik sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya definitif, di Bale Kota, Selasa, 2 Januari 2018.

Ia menyebuttkan, dalam satu hari sampah di Kota Tasikmalaya mencapai 150 kubik, sementara yang bisa didaur ulang hanya 20 persen. “Sarana-prasarana kami memang masih terbatas. Namun itu bukan alasan untuk tidak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Di sisi lain, kami juga mengharapkan agar masyarakat disiplin dalam membuang sampah,” tuturnya. [Dan]