Peristiwa

Perlu Keterlibatan Perguruan Tinggi dalam Penanggulangan Bencana

initasik.com, peristiwa | Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, E. Z. Alfian, mengatakan, perlu keterlibatan perguruan tinggi dalam penanggulangan bencana alam.

Dalam tri dharma perguruan tinggi, salah satunya diamanatkan tentang pengabdian kepada masyarakat. Dengan begitu, mahasiswa dan seluruh warga kampus harus hadir saat terjadi bencana.

“Salah satu yang paling dibutuhkan masyarakat itu adalah tim yang siap untuk menanggulangi bencana,” ujar Alfian saat menghadiri simulasi penanggulangan bencana alam di halaman Stikes Respati, Kamis, 26 April 2018.

Dalam kegiatan itu, mahasiswa diajarkan secara teknis tentang tata cara penanggulangan bencana alam. Simulasi yang dilakukan adalah gempa bumi. “Mereka disimulasikan dengan gempa 6 skala richter. Tantangannya ada yang pingsan di atas gedung, sehingga mereka harus tanggap. Dalam simulasi itu juga kami melatih mahasiswa untuk melakukan vertical rescue dan lainnya,” tutur Alfian.

Ia berharap, dengan adanya penambahan unsur penanggulangan bencana dari mahasiswa ini, bisa memperkuat masyarakat dalam penanggulangan bencana alam. Saat ditanya soal keterlibatan aparatur desa maupun kecamatan, ia mengatakan sudah membuat program Desa Tangguh Bencana. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?