Henry Nugroho | Jay/initasik.com
Informasi

Perlu Partisipasi Aktif Swasta Atasi Masalah Kemiskinan

initasik.com, informasi | Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya tidak bisa bergerak sendirian dalam mengatasi permasalahan kemiskinan. Perlu partisipasi aktif pihak swasta dan masyarakat agar hasilnya maksimal.

Sebagai pijakan dalam bergerak, Pemkab Tasikmalaya sudah mempunyai dokumen strategi penanggulangan kemiskinan. “Dokumen itu sebagai pedoman bersama antara pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat dalam mengatasi akar persoalan kemiskinan yang terjadi di daerah sesuai dengan karakteristik dan sumber daya yang tersedia,” papar Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Henry Nugroho.

Di hadapan peserta sosialisasi dokumen strategi penanggulangan kemiskinan daerah, di Hotel City, Kamis, 2 November 2017, ia mengatakan, dokumen tersebut berisi langkah-langkah strategis yang mampu mengatasi kemiskinan melalui semangat kebersamaan yang diwujudkan melalui proses partisipatif dan akuntabel.

“Pemerintah berkewajiban memberikan layanan dasar yang mudah, murah, dan terjangkau dan bermutu bagi masyarakat miskin. Otonomi daerah mengisyaratkan kewajiban kepada pemda untuk lebih akomodatif dan responsif serta memberi ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan,” paparnya.

Menurutnya, adanya keterlibatan semua pihak, pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan akan berjalan lebih cepat dan terarah dengan mengacu pada dokumen strategi tersebut.

“Kita menegaskan komitmen dan mendorong sinergi berbagai elemen dalam upaya pengentasan kemiskinan, serta embangun konsensus bersama dalam mengatasi kemiskinan dengan pola partisipasitif,” tandasnya. [Jay]