Peristiwa

Perpusda Kota Tasik Apresiasi Pengunjung Perpustakaan

initasik.com, peristiwa | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya mengapresiasi tiga orang pengunjung perpustakaan yang sering datang dan disiplin mengembalikan buku pinjaman sesuai waktu.

Apresiasi itu diberikan di sela safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca, di Bale Priangan Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya, Selasa, 27 Februari 2018. “Kita apresiasi mereka sebagai bentuk semangat kita dalam menumbuhkan minat baca di Kota Tasikmalaya,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya, Oslan Khaerul Falah.

Selain mendapat buku, ketiga orang itu masing-masing diberi uang Rp 500 ribu oleh anggota Komisi X DPR RI, Toriq Hidayat, yang turut hadir dalam acara tersebut. Oslan berharap, pemberian apresiasi itu mendorong masyarakat untuk rajin datang ke perpustakaan untuk baca atau pinjam buku.

Kendati ada peningkatan jumlah pengunjung, perpustakaan kota Tasikmalaya belum menjadi salah satu tempat yang digemari masyarakat. Bahkan tak sedikit yang belum tahu kantor perpusatakaan, lantaran tempatnya berada di ujung kompleks perkantoran, Jl. Ir. Juanda.

“Kami berharap, perpustakaan segara ada di pusat kota. Kita sudah punya Perda Perpustakaan, tinggal dibuat perwalkotnya. Harus ada political will dari wali kota. Kalau di pusat kota, masyarakat gampang mengaksesnya,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini perpusatakaan bukan hanya tempat baca dan pinjam buku, tapi juga  tempat menulis, diskusi, membahas masalah di masyarakat, termasuk tempat rekreasi. “Makanya kami ingin ada perpustakaan di taman kota sebagai upaya untuk mendekatkan buku kepada masyarakat, sehingga minat dan budaya baca terus tumbuh,” tandasnya. [Jay]