Jay | initasik.com
Birokrasi

Persediaan Pangan untuk Ramadan dan Lebaran Aman

initasik.com, birokrasi | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, meminta masyarakat untuk bijak berbelanja dalam menghadapi, serta menjalani, Ramadan dan lebaran Idul Fitri. Tetap belanja seperti biasa. Tidak perlu berlebihan.

“Istilahnya panic buying. Jangan begitu,” pintanya usai menghadiri High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah se-Priangan Timur, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Selasa, 16 Mei 2017.

Ia menyebutkan, persediaan pangan untuk Ramadan dan lebaran nanti dipastikan aman. Tidak perlu khawatir. “Jadina teh tamiang meulit ka bitis. Karena berlebihan dalam belanja, jadinya merepotkan sendiri. Harga naik, karena permintaan jadi tinggi. Padahal, tidak seperti itupun, persediaan pangan kita aman. Pasti tercukupi,” tandasnya.

Menurutnya, ada kebiasaan di masyarakat yang salah. Setiap akan memasuki Ramadan, ramai-ramai belanja. Di Ramadan, yang seharusnya meningkatkan ibadah, malah banyak belanja. Lantaran permintaan tinggi, harga-harga kebutuhan pokok jadi naik. Jadinya repot sendiri.

Untuk itu, ia berharap kepada tim pengendali inflasi bisa menyetabilkan harga-harga di pasaran. Salah satunya melalui pasar murah. Bahkan, tahun ini akan ada gas elpiji 3 kg yang akan disatukan dalam pasar murah itu.

“Operasi pasar murah juga waktunya harus tepat. Kapan waktunya menggelar pasar murah harus pas. Jangan dalam kondisi barang lagi banyak, malah melakukan operasi pasar. Kalau pasokan berlebihan, pedagang dirugikan juga. Harus seimbang,” tuturnya. [Jay]

Komentari

komentar