Desa

Pertanian Sektor Penting dalam Membangun Tasikmalaya

Kabupaten Tasik | Penanggulangan kemiskinan berbasis perdesaan menjadi isu strategis yang ingin dituntaskan Pemkab Tasikmalaya. Selain karena sebagian besar masyarakatnya merupakan petani, juga lantaran pertanian merupakan  sektor penting dalam pembangunan perekonomian.

Pertanian menyumbang signifikan dalam pembentukan produk domestic bruto (PDRB), peningkatan devisa, dan peningkatan pendapatan petani. “Pembangunan pertanian dapat dikatakan sebagai motor penggerak dan penyangga perekonomian nasional,” ujar Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, saat member sambutan di acara panen kedelai di area kebun Kelompok Tani Lengkong, Desa Sindangraja, Kecamatan Jamanis, Rabu, 8 Juli 2015.

Bupati menyampaikan, Pemkab Tasikmalaya memperoleh alokasi anggaran dari Kementerian Pertanian RI untuk memfasilitasi kegiatan dalam rangka peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai. “Itu merupakan peluang bagi Kabupaten Tasikmalaya yang mempunyai potensi untuk mengembangkan ketiga komoditi tersebut,” imbuhnya.

Menurutnya, pengembangan produksi padi, jagung dan kedelai akan mendorong swasembada pangan guna mendukung program nasional, sekaligus merebut peluang pasar yang dibutuhkan. initasik.com|sep

Komentari

komentar