M. Firdaus | Jay/initasik.com
Informasi

Perwalkot Larangan Merokok tak Bertaji, Belum Ada Satupun Perkantoran Bebas Asap Rokok

initasik.com, peristiwa | Peraturan Wali Kota (Perwalkot) Tasikmalaya tentang kawasan tanpa rokok sudah ada sejak 2011. Namun, sampai sekarang tidak ada tajinya. Titik-titik yang dinyatakan sebagai kawasan tanpa rokok, seperti lingkungan sekolah, tempat ibadah, angkutan umum, dan tempat kerja, belum bebas asap rokok.

Kantor-kantor pemerintahanpun begitu. Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Tasikmalaya, M. Firdaus, menyebutkan, belum ada satupun perkantoran pemerintah yang menjalankan titah perwalkot nomor 18/2011 itu.

“Ada yang sudah menyediakan ruangan khusus tempat merokok, tapi itu tidak berjalan efektif. Tidak digunakan,” ujarnya di sela sosialisasi Perwalkot 18/2011 kepada para pelajar SMP, di ruang serbaguna Pemkot Tasikmalaya, Kamis, 3 Agustus 2017.

Ia menilai, perlu ada sanksi langsung yang diberikan kepada para perokok yang melanggar aturan tersebut. Kepala SKPD, misalnya, langsung menegur dan memberi sanksi bila pelanggaran itu dilakukan berulang-ulang.

“Kalau slogan-slogan larangan merokok sudah ada di hampir semua perkantoran, tapi yang merokok masih banyak. Padahal itu termasuk kawasan tanpa rokok. “Kalau kami harus melakukan pengawasan terkait hal itu, kapan kami bekerjanya? Kepala SKPD seharusnya berperan aktif,” tuturnya. [Jay]

Komentari

komentar