Peristiwa

Pesan KH Ma’ruf Amin di Hari Santri Nasional

initasik.com, peristiwa | Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengikuti upacara Hari Santri Nasional di lapang Dadaha Kota Tasikmalaya, Senin, 22 Oktober 2018. Turut hadir Menko Polhukam Wiranto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Ketua PBNU KH Said Aqil Siraj, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Diwawancara usai upacara, KH Ma’ruf Amin mengingatkan para santri untuk selalu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Kiai Ma’ruf meminta para santri untuk mengambil peran dalam segala aspek. “Santri harus menyiapkan diri dan meningkatkan kompetensi untuk berkiprah lebih besar demi bangsa dan negara,” ujarnya.

Sementara itu, Menko Polhukam Wiranto yang bertindak sebagai inspektur upacara mengajak para santri untuk turut serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Saat ini potensi gangguan persatuan bangsa bisa muncul dari kompetisi politik yang sering dibarengi politik kebencian dan penyebaran berita bohong.

“Melalui Hari Santri Nasional ini presiden menyampaikan pesan untuk senantiasa menjaga semangat resolusi jihad sebagaimana yang diamanatkan oleh para pendiri bangsa dan para ulama melalui upaya dan peran serta dalam mencegah dan melindungi bangsa dari politik identitas yang dimanifestasikan dalam politik kebencian,” tuturnya. [Eri]