Peristiwa

Petugas Satpol PP Kota Tasik Hanya Menertibkan Sebagian PKL

initasik.com, peristiwa | Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tasikmalaya menertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Jl. KH Zainal Musthafa (Hazet), Rabu, 22 November 2017.

Namun, penertiban itu hanya diterapkan bagi sebagian PKL, terutama di Jalan Hazet mulai tugu Asmaul Husna sampai arah Padayungan. Sementara PKL yang berada di jalur utama, dari Masjid Agung sampai tugu Asmaul Husna tidak disentuh.

Kasi Trantib Satpol PP Kota Tasikmalaya, Hendih, mengatakan, penertiban itu dilakukan setelah melakukan pendekatan humanisme dan sebelumnya dilakukan sosialisasi. Ia mengatakan, pihaknya tidak berniat mematikan usaha para PKL.

Menurutnya, berdasarkan perda, trotoar itu merupakan hak pejalan kaki, bukan untuk PKL. Untuk itu, ia dan jajarannya mengamankan PKL yang membandel dan tidak mengindahkan surat peringatan agar tidak lagi berjualan di tempat tersebut.

Sebagian kios yang ditinggal pemiliknya terpaksa diangkut petugas menggunakan mobil. Namun, sebagian pedagang ada yang memilih mengamankannya sendiri, sebelum diambil paksa petugas.

Hendih mengatakan, penertiban PKL juga akan dilakukan di Jl. Oto Iskandar dinata dan Jl. Rumah Sakit Umum. Ia mengimbau para pedagang untuk merapikan sendiri lapak jualannya sebelum dibongkar petugas. [TS]