Sosial Politik

Pilkada Jabar, Uu Ruzhanul Ulum Masuk Peringkat Lima Besar Hasil Survei

initasik.com, politik | Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Uu Ruzhanul Ulum, girang mengetahui dirinya masuk peringkat lima besar hasil survei Poltracking Indonesia. Kendati persentasenya jauh berbeda dengan Ridwan Kamil yang berada di posisi pertama, Uu tetap bersyukur.

Dalam survei yang dilakukan pada periode 18 Mei s.d. 24 Mei 2017, Uu mendapat 1,75 persen dukungan, sama dengan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf. Adapun Ridwal Kamil 21,38 persen, disusul Dedi Mulyadi 4,88 persen, dan Deddy Mizwar 3,88 persen. Sementara Rieke Diah Pitaloka, TB Hasanuddin dan lain-lain nilainya nol koma sekian persen.

Pertanyaan yang diajukan dalam survei itu adalah seandainya pilkada Jawa Barat dilaksanakan hari ini, siapa yang akan dipilih, hasilnya itu. “Saya bersyukur, hasil survei ada progres, sekalipun belum kesatu atau kedua,” ujar Uu.

Ia mengaku senang karena dirinya sudah sejajar dengan Dede Yusuf yang merupakan artis nasional. “Sedangkan saya orang desa. Alhamdulillah persentasenya sama. Dengan hasil survei itu saya semakin percaya diri untuk maju. Poltracking lembaga bukan ecek-ecek, dan itu bukan hasil survei saya,” bebernya.

Menurutnya, hasil tersebut menjadi pegangan untuk terus intensif melakukan komunikasi politik dengan PPP dan partai lainnya. Namun ia belum mau bicara panjang lebar soal jalinan komunikasi dengan partai politik lain.

“Perlu diketahui, masih ada 60 persen yang belum menentukan pilihan. Tidak menjawab. Kalau yang memilih Ridwan Kamil atau yang lainnya, mereka pemilih loyal. Kecil kemungkinan pindah pilihan. Tapi yang 60 persen itu belum punya sikap. Mereka perlu sawer,” turut Uu. [Jay]