pilkada-kabupatenPilkada Kabupaten 2015, Kota 2017-2015-kota-2017
Sosial Politik

Pilkada Kabupaten 2015, Kota 2017

Kabupaten Tasikmalaya | Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Tasikmalaya dipastikan digelar Desember 2015. Namun, kapan tanggalnya belum bisa dipastikan. Komisi Pemilihan Umum Daerah masih berkomunikasi dengan pusat dan provinsi.

Ketua KPUD Kabupaten Tasikmalaya, Deden Nurul Hidayat, mengatakan, hari H pelaksanaan pilkada akan diatur lebih lanjut oleh peraturan KPU. “Kami akan terus melakukan komunikasi dengan KPU Pusat dan Provinsi mengenai kepastian hari H pilkada,” ujarnya usai konsultasi terkait pilkada dengan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, dan unsur DPRD di Pendopo Lama Tasikmalaya, Jumat, 20 Februari 2015.

Menurutnya, penyelenggaraan pilkada tersebut sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada yang telah direvisi. Sementara masa jabatan Uu-Ade berakhir Maret 2016. “Kalau Desember, berarti bulan Juni sudah memulai tahapan pilkada. Kami punya pengalaman untuk penyelenggaraan pilkada,” tandasnya.

Ia menyebutkan, anggaran ideal untuk menggelar pilkada Kabupaten Tasikmalaya sebesar Rp 45 miliar. “Kami sangat paham dengan kondisi dan situasi APBD Kabupaten Tasikmalaya. Kami berharap pada pemerintah daerah, baik eksekutif atau legislatif kalau ada keterbatasan dari APBD, kita upayakan ke APBN atau provinsi,” tuturnya.

Terpisah, Ketua KPUD Kota Tasikmalaya, Cholis Muchlis, mengatakan, pilkada Kota Tasikmalaya bakal digelar Februari 2017. Namun, ia pun belum tahu kapan tanggal pelaksanaanya.

Ia menyebutkan, masa jabatan Budi-Dede sebagai wali kota dan wakil wali Kota Tasikmalaya habis pada Oktober 2017. “Normalnya, pilkada dilaksanakan bulan Juni atau Juli. Tapi Undang-undang memerintahkan untuk dimajukan, sehingga dilaksanakan Februari 2017,” ujarnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar