Sosial Politik

Pilkada Kota Tasik, Kapolda Jabar: Laksanakan Kompetisi dengan Sehat

 

Kota Tasik | Kapolda Jawa Barat, Inspektur Polisi Bambang Waskito, mengingatkan para penyelenggara pilkada untuk tidak memihak kepada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota manapun yang akan bertarung dalam pilkada 2017 mendatang.

“KPU, mulai tingkat kota sampai kelurahan, harus netral. Panwaslu sebagai pengawas harus bisa menjadi wasit yang baik dan netral. Pasangan calon dan pendukungnya harus siap menang dan siap kalah. Laksanakan kompetisi dengan sehat, sesuai koridor hukum dan etika,” tutur Bambang dalam apel gelar pasukan Ops Mantap Praja Galunggung 2017 Polres Tasikmalaya Kota, di lapang Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jumat, 14 Oktober 2016.

Ia pun mengingatkan Polri dan TNI untuk tidak memihak kepada pasangan calon. “Jaga netralitas Polri.  Minimalisir segala tindakan kontradiktif yang akan menurunkan citra polri di masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, apel tersebut dilaksanakan untuk pengecekan kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasanara. Pilkada bagian dari kemerdekaan rakyat untuk memilih kepala pemerintahan, sehingga perlu jaminan keamanan.

“Dalam pilkada Kota Tasik terdapat potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius dari semua unsur terkait agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata. Berbagai potensi kerawanan pada setiap tahapan pemilukada, baik berupa sengketa hasil maupun pelanggaran pemilukada, harus dapat ditangani secara profesional,” tuturnya.

Terkait pengamanan, sambung Bambang, sudah disiapkan 3.843 personel yang berasal dari Polres Tasikmalaya Kota, polres wilayah priangan timur, Dalmas Polda Jabar, Brimob, dan tambahan kekuatan TNI. “Pada kesempatan ini saya perintahkan untuk terus memberikan penguatan personel,” tandasnya. initasik.com|shan