Sosial Politik

Pilpres 2019, Muhaimin: Saya Cukup Jadi Calon Wakil Presiden Saja

initasik.com, politik | Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar, mengaku mendapat dukungan dari para ulama di Priangan timur. “Respons mereka sungguh luar biasa. Saya sangat tersanjung,” ujarnya usai kunjungan ke Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah, Condong, Kota Tasikmalaya. Senin, 19 Maret 2018.

Menurutnya, banyak surat dari para ulama yang isinya mendukung Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin, untuk maju dalam perhelatan Pilpres mendatang. Ia pun mengaku banyak yang bertanya, kenapa pilihannya menjadi wakil presiden, bukan presiden.

“Saya terikat dalam koalisi pemerintah. Saya harus punya sopan santun dan rasa hormat kepada beliau (Jokowi) yang memang sejak awal akan mencalonkan selama dua periode. Saya cukup jadi calon wakil presiden saja,” bebernya.

Ia menepis tudingan bahwa dirinya berambisi pada kekuasaan. Menurutnya, ia hanya berambisi  untuk memberesi persoalan bangsa dan mengangkat harkat martabat santri NU. Untuk itu, ia akan melakukan sowan ke seluruh ketua umum partai dan meminta restu untuk maju dalam pilpres mendatang. [Eri]