Etalase

Pirus 60 Kg Dibandrol Rp 200 Juta

Kota Tasik | Batu akik jenis pirus ini dibandrol Rp 200 juta. Bentuknya masih bongkahan. Beratnya 60 kilogram (kg). Konon, usianya sudah ratusan tahun. Sekitar 300 tahun. “Saya dapat dari pemberian orang,” aku pemilik batu, Asep Pa’i, saat ditemui di stan pameran batu di Taman Puri Asih Dadaha, Kota Tasikmalaya, Senin, 12 Januari 2015.

Rupanya, demam batu akik masih mewabah. Penjual dan pemotong batu semakin bertambah. Banyak orang yang mendadak jadi pedagang batu akik. Pameran-pameran pun terus digelar. Termasuk Gemstone Expo itu yang rencananya digelar selama sepekan mulai hari ini.

Asep menuturkan, bongkahan pirus tersebut sudah berada di tangannya sejak setahun lalu. Ia mengaku diberi seseorang. Bahkan bukan hanya pirus, batu jenis galih asem yang sudah memfosil pun ia punya. Beratnya sekitar 30 kg.

“Kalau ada peminatnya, saya jual. Harganya Rp 200 juta. Tapi kalau tidak peminatnya, ya saya simpan,” ujarnya seraya meyakinkan, batu tersebut jenis pirus asli yang ditempa alam selama ratusan tahun. Namun, ia menolak untuk memecah batu tersebut dan menjualnya secara satuan.

Pengusaha kayu tersebut mengaku sudah lama suka batu akik. Malah, ia menyebutkan punya batu meteor seberat 20 kg. “Tapi itu tidak dijual. Bentuknya mirip intan berlian. Buat koleksi pribadi saja,” tandasnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar