Peristiwa

PNS Ikut Belanja di Operasi Pasar Bale Kota

initasik.com, peristiwa | Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Tasikmalaya ikut belanja dalam operasi pasar yang digelar di depan gedung serbaguna, Senin, 15 Januari 2018. Mereka berbaur dengan masyarakat yang sengaja datang ke area bale kota untuk belanja sembako harga murah.

Dalam operasi pasar itu, harga jualnya diklaim berbeda dengan yang di pasaran. Beras premium, misalnya, dijual dengan harga Rp 12.500 per kg. Kemudian Rp 7.600, bawang putih Rp 17.000, gula Rp 12.200, daging sapi Rp 80.000, dan minyak goreng Rp 12.000 per liter.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan, ketersediaan beras untuk kebutuhan selama dua bulan ke depan dalam kondisi aman. Ada persediaan sekitar 89 ton beras. Ia menyarankan kepada masyarakat agar belanja secukupnya, dan tidak terpengaruh dengan fluktuasi harga.

Menurutnya, salah satu penyebab kenaikan harga beras juga lantaran permintaan yang terlalu tinggi. “Banyak masyarakat yang belanja lebih dari kebutuhan. Otomatis, kalau permintaanya terlalu tinggi, itu akan mempengaruhi harga,” jelasnya.

Ditanya soal rencana impor beras yang akan dilakukan Pemerintah Pusat, Budi mengaku tidak setuju. Menurutnya, bulan depan para petani akan panen raya. Jika pemerintah melaksanakan impor, dikhawatirkan beras hasil panen akan mengalami penurunan harga.

“Kasian para petani. Masih ada banyak cara. Misalnya ini, dengan operasi pasar murah. Selain untuk menstabilkan harga di pasaran, juga untuk membuktikan kepada masyarakat agar jangan khawatir terkait ketersediaan pangan,” tuturnya. [Dan]