Peristiwa

PNS Kota Tasik Urunan Bantu Korban Gempa, Terkumpul Rp 4,3 Juta

initasik.com, peristiwa | Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Tasikmalaya urunan dana untuk membantu para korban gempa, Senin, 18 Desember 2017. Usai apel peringatan Hari Jadi ke-46 Korpri, di lapang bale kota, mereka antusias mengulurkan bantuan.

Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, mengatakan, penggalangan dana yang terjadi spontan itu sebagai wujud kepedulian kepada para korban gempa. Dana yang terkumpul sebanyak Rp 4.330.000. Itu akan dikasihkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya.

“Kita butuh partisipasi masyarakat untuk menyelesaikan persoalan recovery yang kena musibah. Walaupun tidak seberapa yang bisa diberikan, yang utama niat ikhlas kita untuk membantu,” ujar Yusuf.

Ia mengimbau masyarakat yang ingin memberikan bantuan untuk menyerahkannya kepada kantor BPBD, di Jl. Sutisna Senjaya, agar penerimaan dan penyaluran bantuan dilakukan satu pintu.

“Kalau ada koordinasi, kemudian dijadikan satu pintu, ada pemerataan bantuan yang diberikan. Tidak berharap ada orang yang memanfaatkan momentum ini untuk menerima bantuan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Soni Sudrajat, menyebutkan, untuk bantuan korban gempa akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Besarannya tergantung tingkat kerusakan bangunan. Standar minimun bantuan untuk rusak ringan sebesar Rp 1 juta, rusak sedang Rp 2,5 juta, dan rusak berat Rp 5 juta.

“Tidak mungkin membantu secara maksimal. Sesuai dengan yang disampaikan wali kota, kita akan memberikan bantuan sesuai tingkat ringan, sedang, dan berat,” ujarnya.

Sampai Ahad, 17 Desember 2017 pukul tiga dini hari, data yang masuk ada 608 bangunan yang rusak. “Kita punya waktu tanggap darurat cuma tujuh hari, dari tanggal 16 Desember sampai 22 Desember 2017. Hari Kamis akan melakukan verifikasi ke lapangan terkait kondisi kerusakan, apakah rusak ringan, sedang, atau berat,” tutur Soni. [Milah]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?