Peristiwa

Politik Uang Adalah Sampah Demokrasi

Kabupaten Tasik | Anggota DPD RI, Eni Sumarni, bertandang ke kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 11 November 2015. Usai bertemu dengan ketua KPU, Deden Nurul Hidayat, ia berbagi pengalaman kepada awak media yang biasa meliput di kantor penyelenggara pemilu tersebut.

Eni menceritakan, saat dirinya maju dalam pilkada Sumedang, banyak pihak yang menjanjikan kemenangan, asal mau mengeluarkan uang pelicin. “Ngeri, kan? Sampah demokrasi yang harus kita bersihkan dalam setiap pilkada adalah politik uang, dan itu sering terjadi,” tandasnya.

Terkait pilkada Kabupaten Tasikmalaya, ia meminta agara KPU lebih proaktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Dirinya mengapresiasi KPU Kabupaten Tasikmalaya yang telah berhasil memetakan rencana tahapan pilkada dengan matang. Alat peraga kampanye dan yang lainnya sudah disiapkan.

Soal peraturan KPU terbaru tentang mekanisme pilkada pasangan tunggal, ia menyayangkan legal standing yang cenderung cukup lemah. “Misalnya aturan dalam PKPU aturannya tegas, tapi bentuk funishmentnya sangat lemah. Padahal PKPU ini adalah petunjuk teknis pelaksana yang sangat penting,” terangnya. initasik.com|dzm

Komentari

komentar