Anggota Polres Tasikmalaya Kota mengangkut penunjuk arah yang akan dipasang di sejumlah ruas jalan | Kus/initasik.com
Informasi

Polres Tasikmalaya Kota Mulai Sebar Perlengkapan Arus Mudik Balik

initasik.com, informasi | Untuk memaksimalkan pengamanan dan kelancaran mudik-balik lebaran tahun 2017 ini, Polres Tasikmalaya Kota telah menyebar seluruh perlengkapan yang dibutuhkan ke lapangan, termasuk membangun sejumlah pos pengamanan dan pengaturan lalu lintas di titik-titik rawan kecelakaan dan kemacetan.

Perlengkapan-perlengkapan itu adalah 25 unit ganjal, 102 unit water barrier, 100 unit bendera gatur, 10 unit rambu, 500 unit tolo-tolo, 25 unit petunjuk arah, 40 unit barikade, 240 traffic cone, 345 flashlight, 2 unit tenda peleton, 24 unit megaphone, 648 unit jas hujan, serta 648 rompi.

Selain itu, pembangunan 1 Pos Aju di kawasan Gentong, 3 Pos Pelayanan, 11 Pospam, 78 Pos Gatur, saat ini sedang dilakukan pengerjaan dengan personil yang bergerak melakukan pengamanan sebanyak 625 orang atau sebanyak 2/3 dari kekuatan polisi Polres Tasikmalaya Kota ditambah elemen masyarakat.

“Semua itu sudah bergerak dan dipasang, malah sejumlah pos juga memang telah siap untuk memberikan pelayanan. Beberapa di antaranya anggota pun telah banyak mulai melihat ke lokasi, sehingga nanti mulai Senin (19/6) mendatang, semua personel akan mulai bergerak dan menempati posnya masing-masing, selain ada pula yang melakukan mobile,” ungkap Kabag Humas Polres Tasikmalaya Kota Iptu Suyitno.

Jalur arus mudik dan balik yang dilalui di wilayah Tasikmalaya ini yakni Jalur Utama sepanjang 27 km, yaitu Kadipaten – Ciawi – Jamanis – Rajapolah – Cihaurbeuti  Ciamis. Kemudian jalur alternatif mudik sepanjang 36 kilometer, yaitu Kadipaten – Pagerageung – Cihaurbueti Ciamis. Lalu jalur alternatif arus balik apabila terjadi kepadatan di ruas Ciawi hingga Gentong yaitu sepanjang 15 km melewati Sindangkasih Ciamis – Karangresik – Jalan Moh Hatta – RE Martadinata – Indihiang – Jalur Mangin – Cikadongdong – Singaparna – Garut.

“Untuk lokasi rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas memang terdapat di wilayah Gentong sepanjang kurang lebih 5 Kilometer, makanya selain ditempatkan Pos Aju di sana juga setiap tikungan sedikitnya 3 orang personel polisi disiapkan untuk mengatur lalu lintas. Kalau prediksi jalur ini akan mengalami penurunan, namun tetap saja semuanya dipersiapkan sebaik mungkin,” tuturnya. [Kus]