Informasi

Porda Jabar 2018; Wali Kota Tasik Janjikan Bonus Rp 40 Juta bagi Atlet Peraih Emas

initasik.com, informasi | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, berjanji akan memberikan bonus kepada para atlet berprestasi dalam Porda Jabar 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor, Oktober mendatang.

Menurutnya, ada bonus tersendiri bagi para atlet yang berhasil meraih medali emas, perak, maupun perunggu. Khusus bagi para atlet yang berhasil meraih medali emas ada bonus sampai Rp 40 juta.

“Itu agar menjadi motivasi para atlet. Kita ingin terus menggenjot prestasi cabang olahraga yang ada,” katanya di sela pengukuhan kontingen Kota Tasikmalaya pada Porda 2018, di gedung serbaguna Bale Kota, Kamis, 5 Juli 2018.

Menurutnya, di tengah keterbatasan anggaran, pemerintah ingin memberikan penghargaan kepada para atlet yang mengharumkan nama Kota Tasikmalaya. Ia  berpesan agar para atlet dapat menjaga kesehatan dan bisa bertanding maksimal pada waktunya nanti.

Di tempat yang sama, Ketua KONI, Kota Tasikmalaya, Eddy Supriyadi, mengatakan, pihaknya menargetkan peringkat sepuluh besar dalam Porda tahun ini. Sebelumnya hanya sampai 14 besar.

Menurutnya, ada banyak upaya yang telah dilakukan untuk mendapatkan target tersebut. Para atlet sudah diseleksi ketat. “Kemarin proses penyeleksian dari masing-masing cabor saja berlangsung sejak bulan Februari sampai September 2017. Di bulan Agustus, baru pelaksanaan babak kualifikasi dimulai,” sebutnya.

Dari hasil babak kualifikasi cabor, rekapitulasi perolehan medali mencapai 47 medali, dengan rincian, 11 medali emas, 7 medali perak, dan 28 medali perunggu. Untuk bisa menempati sepuluh besar, minimal harus memiliki 26 medali emas.

“Para atlet akan berusaha secara maksimal. Kita harus dapat 53 medali, yaitu 26 medali emas, 12 medali perak, dan 15 medali perunggu. Dengan raihan itu, maka Kontingen Kota Tasikmalaya bisa berada di peringkat 10 besar,” tuturnya.

Eddy menambahkan, kontingen Kota Tasikmalaya menerjunkan sebanyak 180 atlet dengan mengikuti 28 Cabang Olahraga. Ia berharap, di saat nanti bertanding, para atlet bisa menumbuhkan semangat menjadi yang terbaik dengan cara santun, beretika, bermatabat, dan menjaga sportivitas agar dapat jadi atlet yang sejati. [Eri]