Informasi

Pos Pencarian dan Pertolongan Tasikmalaya Percepat Penanggulangan Bencana

initasik.com, informasi | Pos Pencarian dan Pertolongan Tasikmalaya, di Jl Raya Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, diresmikan, Rabu, 18 April 2018.  Keberadaan pos tersebut akan mempercepat penanggulangan bencana.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI M. Syaugi, mengatakan, pos tersebut untuk cakupan wilayah Pringan Timur, yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya, saat terjadi bencana alam dan belum ada Pos Pencarian dan Pertolongan Tasikmalaya, pihaknya selalu mengerahkan personel langsung dari Bandung. Menurutnya, itu kurang efektif, lantaran terkendala jarak yang cukup jauh.

Ia berharap, dengan diresmikannya Pos Pencarian dan Pertolongan Tasikmalaya, pelayanannya akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Terkait jumlah personel, ia menyebutkan masih kurang. Saat ini ada sekitar 3.500 orang, sedangkan idealnya 7.000 petugas. Untuk mengatasi kekurangan itu, pihaknya memberdayakan masyarakat, LSM, dan institusi terkait.

“Kalau sarana, kita memiliki sembilan helikopter dan 40 kapal yang selalu siap digunakan saat diperlukan. Tahun ini kita akan melakukan penambahan armada, berupa dua helikopter dan dua kapal suplai,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kodir, mengapresiasi keberadaan pos tersebut, mengingat Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah rawan bencana. “Saya mengajak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut serta dalam penanggulangan bencana di saat musibah yang tidak diharapkan terjadi,” ujarnya. [Eri]

Komentari

komentar