Jay | initasik.com
Komunitas

Possum Layang; Hewan Kecil dari Papua yang Harganya Bisa Setara Sapi

initasik.com, komunitas | Ukuran tubuh boleh kecil, tapi soal harga berani diadu dengan domba atau sapi sekalipun. Hewan mamalia asal Papua ini namanya Sugar Glider atau Possum Layang. Mirip bajing ngapung. Tapi sama sekali bukan tupai. Kalau ukuran tubuhnya hampir mirip. Kira-kira sebesar itu.

Tomi Budianto, pecinta Possum Layang, mengaku jatuh hati pada binatang kecil itu setelah menyerap banyak informasi tentangnya. Sebelumnya ia memelihara hamster dan landak. “Kalau SG (Sugar Glider) ini punya bonding atau punya ikatan dengan majikan. Dia penurut. Dipanggil namanya langsung loncat ke majikannya,” sebut Tomi, Ahad, 14 Mei 2017.

Ia bersama para pecinta hewan lainnya biasa kumpul di arena waktu bebas kendaraan bermotor, di Jl. KHZ Musthafa, Kota Tasikmalaya. Refreshing sambil mengikat persaudaraan. “Kalau yang aktif ada sekitar 30 orang,” jawabnya saat ditanya jumlah anggota Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia Regional Tasikmalaya.

Menurutnya, harga posum layang paling murah kisaran Rp 350 ribu. Kalau paling mahal sampai Rp 18 juta. Kendati terbilang mahal, perawatannya mudah. Beda dengan kucing, landak, atau yang lainnya. Makanannya pun cukup diberi bubur bayi yang harganya Rp 7.000. Itu bisa awet sampai satu bulan.

“Kalau menurut saya, perawatan SG ini lebih gampang dibanding mamalia lain. Tidak rewel. Tidak membahayakan juga. Kecuali kalau itu hasil tangkapan liar. Tapi untuk di Tasik saya ingatkan teman-teman untuk tidak memelihara hasil tangkapan. Harus hasil ternakan. Itu lebih baik dan aman,” tutur pria yang mengajar di beberapa sekolah itu. [Jay]

Komentari

komentar