Birokrasi

Potensi di Kabupaten Tasik Besar, Perlu Orang Kreatif dan Berani Ambil Risiko

initasik.com, birokrasi | Pengusaha media massa yang kini terjun ke dunia politik, Hary Tanoesoedibjo, menilai, Kabupaten Tasikmalaya memiliki banyak potensi besar yang layak dikembangkan, mulai bidang pertanian, pariwisata, hingga kerajinan.

Hal itu disampaikannya dalam pertemuan dengan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, di pendopo lama Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 14 Juni 2017. Ia pun menyatakan kesiapannya berinvestasi.

Menurutnya, dibutuhkan kreativitas tinggi dan orang yang berani dalam mengambil segala risiko. Untuk itu, ia akan menerjunkan tim dari perusahaannya untuk membidik sejumlah potensi.

“Kenapa tidak di sini disiapkan bank sendiri yang akan menjadi lokomotif masyarakat agar bisa mendapatkan pembiayaan murah, termasuk investasi di bidang lain seperti perhotelan misalnya, pariwisata, dan lain sebagainya. Saya akan turunkan tim, mudah-mudahan saja bisa melakukan investasi di sini dengan segala potensi yang sebenarnya sangat besar ada di Tasikmalaya ini,” tutur Hary.

Ia menyebutkan, di Indonesia sangat kekurangan pengusaha, sementara di sisi lain penduduk terus bertambah. Dirinya sangat mendorong apabila muncul generasi muda untuk menjadi pengusaha.

Di daerah butuh banyak pengusaha muda, sehingga tidak hanya menumpuk di Jakarta atau kota besar lainnya. “Akibatnya kesenjangan ekonomi begitu jauh, karena konsentrasi pengusaha berada di Jakarta. Saya dorong dengan berbagai upaya untuk mewujudkannya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Uu mengaku senang bisa kedatangan pengusaha sukses seperti Hary Tanoeseodibjo. Menurutnya, Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki banyak potensi, jumlah penduduk yang besar, skala kualitas pendidikan masyarakatnya yang sudah baik, namun bidang usaha masih banyak yang belum bisa digarap secara maksimal.

“Seperti halnya dunia politik, tidak ada kajian atau hal yang sifatnya baku dalam dunia usaha itu. Kedatangan Pak Hary ke sini diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat,” ujarnya. [Kus]