Dok. initasik.com
Informasi

Potensi Zakat di Kabupaten Tasik Rp 300 Miliar

initasik.com, informasi | Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi zakat yang terbilang besar. Nominalnya mencapai Rp 300 miliar. Namun, itu belum termaksimalkan. Karenanya, Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, mengaku sepakat dengan rencana Pemerintah Pusat untuk menarik zakat para PNS beragama Islam.

“Saya sangat setuju, karena tidak ada aturan atau instruksi dari Pusat pun, Kabupaten Tasikmalaya sudah kami instruksikan. Sudah kami wajibkan dengan koridor-koridor yang ada, seperti Undang-Undang Zakat dan peraturan daerah tentang zakat,” tuturnya dalam satu kesempatan.

Menurutnya, setelah dihitung, ada potensi sebesar Rp 300 miliar dari zakat profesi, zakat perdagangan dan lainnya. Jika potensi besar itu bisa digali, akan sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Manfaatnya juga akan kembali ke masyarakat. Ada sebuah kesinambungan pembangunan dan pemerataan. Dari orang kaya kita ambil zakatnya, kita salurkan kepada orang yang lebih membutuhkan,” terangnya.

Uu menilai, saat ini kesadaran masyarakat dalam membayar zakat masih kurang. Beda halnya dengan membayar pajak bumi dan bangunan atau pajak kendaraan. “Kalau bayar zakat kadang-kadang sulit,” tandas Uu. [Eri]