Edukasi

Program Desa Berdaya Rumah Zakat Ikut Andil Pembentukan Karakter

initasik.com, informasi | Banyak cara untuk membentuk kepribadian anak yang baik. Salah satu seperti yang dilakukan Rumah Zakat, melalui program Desa Berdaya. Setiap Minggu, anak-anak belajar tahfidz Al-Quran dan memanah. Selasa, mereka belajar bahasa Arab dan olahraga beladiri.

Muhammad Fauzi Ridwan, relawan inspirasi Rumah Zakat, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Rumah Zakat terhadap pembangunan di pedesaan dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat pemberdayaan masyarakat desa.

“Ini program sudah berjalan dari tahun 2013. Sebagai upaya untuk membentuk karakter anak yang agamis. Pembentukan moral. Mencetak anak-anak yang sehat dalam berbagai bidang, sehat akalnya, hatinya, dan badannya,” kata Fauzi, di sela kegiatan di Masjid Bani Sholeh, Kp. Kikisik, Desa Gunung Sari, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Dia menilai, tidak sedikit anak muda yang terjerumus pada pergaulan bebas dan kenakalan remaja. Terlebih, kemajuan tekhnologi saat ini sangat mendukungnya, hal-hal yang negatif lebih mudah didapatkan. Kesedaran menggunakan tekhnologi untuk hal positif sangat kurang. “Ini bisa jadi cara untuk menanggulanginya, dengan melakukan pembinaan mingguan kepada remaja. Selain kuat rohaninya, juga kuat fisik dan mentalnya,” ungkapnya.

Tahun kemarin, kata dia, mereka yang mengikuti pembinaan mingguan itu diberi beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, untuk tahun sekarang tidak ada, karena memfokuskan dulu pada pembinaan karakter setiap anak dan remaja.

“Yang ikut tahun sekarang sebanyak 30 siswa, itu dari berbagai sekolah. Kami berusaha mewujudkan generasi yang sesuai ajaran agama,” tandasnya. [Syaepul]