Sosial Politik

Program KBP.PKS Berdayakan Mantan Anggota yang Kurang Beruntung

initasik.com, sosial | Sejak terbentuk pada 1982, Patroli Keamanan Sekolah (PKS) terus bergerak sampai sekarang. Banyak mantan anggota yang sudah menjadi tentara, polisi, PNS, dan pengusaha. Namun, tak sedikit juga yang kondisi perekonomiannya kurang beruntung.

Untuk membantu mereka, Keluarga Besar Purna Patroli Keamanan Sekolah (KBP.PKS) Tasikmalaya mempunyai beberapa program pemberdayaan. Salah satu yang tengah dibidik adalah membentuk perusahaan yang bisa merekrut atau menempatkan mereka di dunia kerja.

“Kami juga sedang melirik peluang lain, seperti di dunia pertanian atau perikanan. Kita punya banyak anggota PKS yang sudah purna dan memiliki keahlian-keahlian tertentu. Kita ingin fasilitasi mereka,” ujar Ketua Umum KBP.PKS Tasikmalaya, Samsul Basuki, di sela silaturahmi KBP.PKS, di Pendopo Lama Kabupaten Tasikmalaya, Kamis, 29 Junii 2017.

Menurutnya, masih banyak mantan anggota PKS yang sampai saat ini nasibnya perlu bantuan. “Makanya kita membuat banyak program untuk memberdayakan teman-teman yang kurang beruntung. Saya prihatin dengan nasib rekan-rekan yang lain. Kita harus bergerak,” tandasnya.

Ia menyebutkan, rekan-rekannya yang lain sudah banyak yang menjadi tentara, polisi, PNS, atau pengusaha. Mereka tersebar di banyak daerah. Samsul sendiri kini menjadi supervisor sekuriti di salah satu lembaga keuangan. [Jay]