Informasi

Program “Perecet” Disduk Kabupaten Tasik Percepat Cetak KTP

initasik.com, informasi | Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya mulai menjalankan program Perecet atau Pelayanan Rekam Cetak. Itu merupakan program untuk mempercepat pembuatan KTP elektronik.

Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, Winny, mengatakan, dengan adanya program tersebut, pembuatan KTP elektronik bisa langsung ditunggu.

Setelah melakukan perekaman, data tersebut bisa langsung dicetak dalam hitungan menit atau jam. Namun, itu “Tergantung penunggalan NIK dari pusat. Kalau penunggalanya cepat, kita bisa langsung secepat mungkin,” ujar Winny saat dihubungi via telepon, Selasa, 28 Agutus 2018.

Ia menambahkan, program Perecet ini berlaku bagi masyarakat yang sudah berumur tujuh belas tahun. Saat ini program tersebut baru tersebar di sepuluh kecamatan, terutama wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya.

Pihaknya akan terus mengembangkan program tersebut ke beberapa wilayah lain secara berkala. “Mudah-mudahan program ini bisa berjalan dengan lancar. Di tahun depan kita akan coba menyasar ke wilayah barat dan timur Kabupaten Tasik. Masyarakat bisa memanfaatkan program ini seoptimal mungkin, karena dokumen kependudukan itu sangat penting, baik sebagai identitas kependudukan resmi maupun persyaratan untuk mendapatkan akses publik,” bebernya. [Eri]