Informasi

Puasa, Volume Sampah Malah Bertambah 20 Ton Tiap Hari

initasik.com, informasi | Ramadan, di saat umat muslim berpuasa wajib, volume sampah malah bertambah hingga 20 ton setiap hari. Biasanya, volume sampah yang diangkut ke TPSA Ciangir, Tamansari, Kota Tasikmalaya, kisaran 150 ton. Namun, sejak 10 hari memasuki  puasa, naik hingga mencapai 30 persen. Sampah yang diangkut lebih kurang 170 ton.

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, Ai Usman, mengatakan, 90 petugas kebersihan harus bekerja ekstra. Pengangkutan sampah ke TPA dari semula hanya tiga kali, jadi lima kali pengangkutan. Selain karena terbatasnya armada, juga adanya penambahan sampah.

“Paling banyak itu sampah rumah tangga, kemudian dari sejumlah titik pusat keramaian seperti Taman Kota, Alun-alun, Dadaha dan lainnya yang dihasilkan dari para penyedia takjil. Peningkatan volume sampah itu padahal sebelumnya telah melalui proses pemilahan oleh pemulung serta beberapa pengolahan sampah oleh masyarakat,” tutur Ai.

Ia menyebutkan, amada sampah saat ini dinilai masih belum ideal, sehingga tidak bisa melayani masyarakat sepenuhnya. Hanya ada 12 unit amrol. Idealnya punya 4 unit. Begitupun dengan dump truck pengangkut sampah yang minimalnya punya 30 unit, kini hanya 20 unit. Itupun beberapa di antaranya ada yang sudah mulai mengalami kerusakan. [Kus]