Pemandangan di Gunung Galunggung | Dok. initasik.com
Informasi

Puluhan Miliar Rupiah Dianggarkan Percantik Destinasi Wisata Kabupaten Tasik

initasik.com, informasi | Pemkab Tasikmalaya berencana menganggarkan puluhan miliar rupiah untuk mempercantik tempat-tempat wisata yang tersebar di beberapa titik. Gunung Galunggung, misalnya.

Di tempat itu direncanakan dibangun masjid megah, berikut fasilitas lainnya dengan alokasi anggaran sebesar Rp 10 miliar. “Kami juga akan merenovasi masjid di Pamijahan, termasuk melengkapi fasilitas di tempat wisata lainnya, seperti di Karangtawulan,” ujar Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, di sela kunjungannya ke Kampung Kreatif Sukaruas, Rajapolah, Jumat, 4 Agustus 2017.

Ia menyebutkan, pemerintah juga akan membangun jembatan dari Karang Tawulan ke Nusa Manuk, sekaligus membangun masjid dan fasilitas lainnya. Anggarannya diperkirakan butuh Rp 5 miliar. “Insya Allah semuanya akan diproses pada 2018,” sebutnya.

Tak terkecuali Kampung Kreatif Sukaruas. Pemkab berencana memasukkan kampung tersebut dalam paket wisata Kabupaten Tasikmalaya. Uu menjelaskan, kawasan wisata yang akan “dijual” di antaranya Kampung Naga, Galunggung, Pamijahan, Pantai Pamayangsari, Pantai Karangtawulan dan Pantai Nusa Manuk, Sindangkerta. Semua dibingkai dalam paket wisata.

Mereka yang ikut dalam paket wisata itu, sebelum pulang akan diajak mengunjungi Kampung Kreatif Sukaruas. Selain bisa melihat proses produksi beberapa komoditi industri kreatif, para pengunjung akan diberikan edukasi seputar proses kreatifnya.

Untuk itu, pihaknya akan melengkapi sarana dan prasarananya, seperti melebarkan jalan agar masuk bus, membuat lahan parkir, dan mendirikan outlet-outlet kerajinan. Setelah semua selesai dibangun, paket wisata itu dipromosikan.

“Jangan sampai kita promosi besar-besaran, tapi ternyata kita belum siap. Pengunjung pasti kecewa, dan itu membuat malu kita sendiri,” tandasnya. [Aren]