Peristiwa

Ramadan Bulan Melatih Kedisiplinan

initasik.com, peristiwa | Ramadan sejatinya menjadi bulan pendidikan bagi diri. Momentum untuk melatih kedisiplinan dan segala hal yang bermuara pada kesempurnaan penghambaan. Ramadan juga waktu yang tepat untuk menginstrospeksi diri.

KH Toriq Hidayat, pengasuh Ponpes Jabal Toriq Tasikmalaya, mengatakan, Ramadan mengajarkan tentang pentingnya keteraturan. Waktu makan dan minum diatur seketat mungkin. Subuh dan Magrib jadi pembatas kapan harus mengakhiri atau memulai makan.

“Di luar Ramadan kita seringkali makan tidak teratur. Kapan saja maunya. Dari itu seharusnya kita belajar tentang kedisiplinan. Dalam setiap amalan di bulan Ramadan itu ada misi edukasi,” ujarnya saat ceramah dalam pengajian pekanan yang digelar Ikatan Dai Indonesia Kota Tasikmalaya, di Gedung Dakwah, Ahad, 18 Juni 2017.

Menurutnya, salah satu kedisiplinan yang harus dibiasakan adalah menyusun rencana apa saja yang akan dikerjakan esok hari. Rencana harian. Kalau segalanya sudah disusun, arah langkah bakal lebih terarah.

“Setiap malam, susun apa saja yang akan dikerjakan besok Biasakan itu, sehingga memberi dampak yang baik bagi hidup kita. Biasakan disiplin dengan menentukan tujuan harian,” tandasnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?