Ilustrasi | Dok. initasik.com
Edukasi

Rata-rata Lama Sekolah Rendah, Pemkab Tasik Bakal Perluas Manfaat UPCPK

initasik.com, edukasi | Rata-rata lama sekolah warga Kabupaten Tasikmalaya termasuk rendah. Angkanya 6,94 tahun. Itu berarti setara dengan kelas 1 SMP. Sedangkan level Jawa Barat rata-ratanya 7,95 tahun.

Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, mengatakan, kondisi itu sangat memprihatinkan. Untuk itu, pihaknya akan memperluas manfaat Unit Pelayanan Cepat Penanggulangan Kemiskinan (UPCPK).

“Mulai 2019 kami akan memperlebar UPCPK ke bidang pendidikan. Tidak boleh ada anak-anak yang masuk usia wajib belajar tapi tidak sekolah. Akan kita bantu dengan UPCPK,” ujarnya saat menghadiri peresmian pembangunan Desa Tanjungsari, Gunungtanjung, Senin, 16 April 2018.

Bukan hanya sekolah formal, UPCPK bidang pendidikan juga akan masuk pesantren. Menurutnya, pendidikan di Indonesia hanya melahirkan orang-orang cerdas otaknya, tapi tidak dengan karakternya.

“Sekarang banyak anak yang tidak tahu sopan santun. Itu bahaya. Kita punya banyak pesantren. Harus ada sistem pendidikan terpadu akhlak. Mudah-mudahan 2019 nanti kita mulai memberikan perhatian lebih kepada pesantren,” tuturnya. [Eri]

Komentari

komentar