Olahraga

Ratusan Pesilat Bakal Tarung dalam Turnamen Piala Wali Kota

initasik.com, olahraga | Sebanyak 352 pesilat Kota Tasikmalaya, mulai usia sekolah dasar sampai menengah atas, mengikuti turnamen piala wali kota antarpelajar, di GOR Dadaha, 2 Oktober s.d. 7 Oktober 2017.

Kejuaraan daerah yang memerebutkan piala wali kota itu merupakan yang kali pertama digelar dan mempertandingkan 20 kelas. “Kegiatan ini menjadi ajang evaluasi, sekaligus memupuk prestasi dalam beladiri pencak silat,” ujar Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, dalam sambutan pembukaan kejuaraan.

Ia berharap, dalam turnamen tersebut muncul para atlet pencak silat yang tangguh dan bisa mengukir prestasi tertinggi, sehingga mengharumkan nama daerah. “Jungjung sportivitas. Saya yakin, pencak silat adalah olahraga yang selalu mengedepankan tanggung jawab serta moralitas,” tandas Budi.

Menurutnya, olahraga beladiri, terutama pencak silat adalah media yang efektif untuk membentuk generasi berkarakter, serta menjauhkan generasi muda dari pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkotika.

Ketua Umum Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat, Daday Hudaya, mengapresiasi turnamen tersebut. Menurutnya, sudah seharusnya pemerintah memberikan perhatian terhadap pencak silat dan cabang olahraga lainnya.

“Saya berharap, dari Kota Tasik ini ada lagi atlet-atlet berprestasi. Pertandingan seperti ini penting juga regenerasi, sekaligus memicu prestasi para atlet,” ujarnya.

Sebelumnya, di tempat yang sama digelar pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tasikmalaya periode 2017 s.d. 2021. Ketuanya adalah M. Arif Gunawan. “Mudah-mudahan kami bisa mengemban amanah ini sebaik-baiknya,” harap Arif. [Jay]