Peristiwa

Ratusan Santri Ikuti Pekan Olahraga dan Seni Wilayah Jawa Barat


initasik.com, peristiwa | Ratusan santri asal Priangan Timur, termasuk Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, mengikuti Pekan Olahraga dan Seni antarPondok Pesantren Daerah Wilayah (Pospedawil) Jawa Barat, Senin s.d. Rabu, 28 Agustus s.d. 30 Agustus 2017, di kompleks olahraga Dadaha, Kota Tasikmalaya.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, mengaku mendukung penuh kegiatan tersebut. Selain berakhlak baik dan memiliki ilmu agama yang luas, para santri harus punya keahlian lain, termasuk dalam olahraga dan kesenian.

“Insya Allah kontingen Kabupaten Tasikmalaya jadi juara umum. Kita mengikuti semua cabang olahraga,” ujarnya usai membuka Pospedawil tingkat Jawa Barat, di GOR Sukapura, Senin pagi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya, Asep Saeful Bachri, menyebutkan, kegiatan selama tiga hari itu diikuti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.

“Ada empat cabang olahraga yang dilombakan, yaitu voli, futsal, basket, dan pencak silat. Jumlah atlet dan ofisial totalnya 750 orang. Kegiatan ini didanai oleh APBD Provinsi Jawa Barat,” sebutnya.

Ia menjelaskan, Pospedawil diselenggarakan  untuk meningkatkan budaya berolahraga dan seni yang bernuansa Islami di kalangan para santri dalam rangka membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala, sehat jasmani dan rohani, berkualitas unggul, sportif, dan berdaya saing tinggi.

Selain itu, meningkatkan silaturahim dan ukhuwah Islamiah di kalangan santri dalam rangka ikut memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, juga menggali dan menjaring santri yang berbakat di bidang olahraga dan seni untuk dibina dan dikembangkan serta ditingkatkan prestasinya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?