Informasi

Ratusan Sapi Cari Makan di Tempat Pembuangan Sampah

initasik.com, informasi | Ada ratusan sapi yang mencari makan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciangir, Tamansari, Kota Tasikmalaya. Lahan seluas sebelas hektar itu sering dijadikan sebagai tempat menggembala hewan sapi.

Sarip, pengais sampah, mengatakan, kebiasaan menggembala sapi di TPA itu sudah berlangsung sejak awal. Sapi-sapi itu sengaja diliarkan untuk mencari makan dari beragam sampah, seperti nasi, sayuran, bahkan tak jarang memakan plastik. “Tapi meskipun memakan sisa makanan, sapi-sapi itu sehat. Gemuk,” kata Sarip saat ditemui di sekitaran TPA Ciangir, Selasa, 14 Juli 2018.

Menurutnya, lantaran kondisi fisik tubuh sapi yang cenderung sehat meskipun memakan sampah, tak jarang sapi-sapi sampah itu dijual kepada para bandar sapi di sekitaran Kota Tasikmalaya untuk berbagai keperluan, termasuk untuk kebutuhan kurban.

Sekretaris UPTD Sampah Ciangir Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, Didi Kusnadi, mengatakan, pihaknya tidak tahu menahu soal penjualan sapi yang sehari-hari mencari makan sampah di TPA yang dikelola oleh pihaknya.

Ia menjelaskan, awalnya sapi-sapi itu hanya sebatas titipan para pejabat daerah kepada masyarakat. Saat ditanya soal upaya dinas untuk tidak memberikan akses menggembalakan sapi di TPA, Didi malah mengaku bingung.

“Soalnya ini berkaitan dengan warga, ditutup gimana? Waktu mau adipura kan sempet ditutup selama dua hari. Saat itu juga sapi-sapi mengamuk dan merusak kandang warga. Jadi, dinas mah cuman katempuhan buntut maung,” tandasnya. [Eri]