Peristiwa

Ratusan Sekolah Dasar di Kabupaten Tasik Rusak Berat

Kabupaten Tasik | Sebanyak 742 bangunan sekolah dasar (SD) di Kabupaten Tasikmalaya rusak berat. Sedangkan yang termasuk rusak sedang ada 816 SD, dan rusak ringan 620. Adapun daerah yang paling banyak bangunan sekolahnya rusak berat adalah Kecamatan Karangnunggal, yakni 42 SD.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Ali Akbar, mengatakan, pemda belum bisa memberikan bantuan perbaikan sekolah, karena masih menunggu kuota dana alokasi khusus.

“Meskipun nanti anggarannya sudah keluar, sebelum dilakukan perbaikan, akan ada verifikasi ke setiap daerah, apakah layak untuk mendapat bantuan atau tidak,” ujarnya kepada initasik.com, Senin, 4 Januari 2015.

Setelah diverifikasi, lanjutnya, akan dipilih kembali daerah mana saja yang harus diprioritaskan. Selain dana perbaikan, akan ada pula anggaran untuk pembangunan atau penambahan ruang kelas dengan catatan tersedia lahannya.

Menurutnya, saat ini banyak sekolah yang banyak murid tapi kurang ruang belajar. Idealnya, dalam satu kelas diisi oleh 28 sampai 32 murid. “Banyaknya murid dalam kelas itu sudah tidak baik. Dalam satu kelas ada yang diisi oleh 40 murid, bahkan lebih,” sebutnya. initasik.com|wrd

Komentari

komentar