Peristiwa

Reklame Sumbang PAD Rp 2,3 M

Kota | Berapa jumlah total reklame yang ada di Kota Tasikmalaya? Ternyata ada sekitar 600 titik reklame, mulai dari ukuran terkecil sampai yang raksasa. Paling kecil ukurannya 1 x 2 m. Itu biasanya dipasang di depan toko.

Iwan Kurniawan, kabid Pajak Daerah Lainnya Dispenda Kota Tasikmalaya, mengatakan, dari jumlah reklame sebanyak itu, tahun ini ditargetkan pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp 2,4 miliar. “Tahun kemarin kita dapat PAD Rp 2,3 miliar,” sebutnya di sela penempelan kain kecil pada reklame besar di pertigaan Jati, Rabu, 28 Januari 2015.

Menurutnya, penutupan reklame itu karena wajib pajak abai memenuhi kewajibannya sejak setahun lalu. Teguran dan penagihan tidak diindahkan. “Selain yang di sini (Jati), ada dua titik lain yang akan kami tutup juga, yaitu di Gunung Sabeulah dan Dadaha. Kalau yang ini ukurannya 5 x 10 meter. Ada juga yang berukuran 4 x 6 meter,” tambahnya.

Dari ketiga titik reklame itu, Iwan menyebutkan, ada piutang yang akan ditagih kepada wajib pajak sekitar Rp 50 juta. “Pemiliknya orang luar Tasik. Kami hanya menarik pajak reklamenya. Nanti kami akan koordinasi dengan instansi terkait. Kalau izinnya sudah habis dan belum bayar pajak juga, kami bongkar,” tandasnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar