Peristiwa

Rektor UMTAS Tekankan Pentingnya Berorganisasi

initasik.com, peristiwa | Rekor Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS), Dr. Ahmad Qonit, menekankan tentang pentingnya mahasiswa aktif dalam organisasi. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan MPM & BEM UMTAS periode 2019/2020, di Graha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Jumat, 19 Juli 2019.

“Banyak orang pintar namun tidak bisa memanajemen diri. Karakter kepemimpinannya tidak kuat, dia tidak akan berkembang sampai pada maksimal potensinya. Menjadi pemimpin itu bukan menghimpun, masalah tapi memecahkan masalah. Yang terpenting itu bukan apa atau seberapa besar masalahnya, tapi mampukah kita memberikan solusi yang tepat,” tuturnya.

Sementara itu, Griya Maulana Fathrid, presiden mahasiswa terpilih, mengatakan, untuk meningkatkan gairah mahasiswa dalam berorganisasi pihaknya akan melakukan sinergitas dan kolaborasi dalam penyelenggaraan kegiatan. Memposisikan diri sebagai mitra solusi dan kritis bagi kampus.

“Kami akan mendatangi langsung setiap ormawa, membuat kegiatan bersama. Supaya melahirkan program-program kegiatan yang dihasilkan dari kesepakatan kita semua. Jadi ada kesepakatan bersama. Soalnya bukan hanya menyelenggarakan kegiatan semata, tapi kami itu berdakwah,” terang mahasiswa Prodi PGSD FKIP Umtas Tasikmalaya itu.

Ke depan, lanjut dia, BEM akan mempersempit ruang-ruang terjadinya perselisihan, yaitu dengan menggaungkan semangat silaturahmi di antara mahasiswa. Membuat forum-forum diskusi untuk menjembatani mahasiswa dengan lembaga. Dengan begitu, setiap program yang sudah direncanakan akan terealisasi. Potensi mahasiswa akan tergali, dengan sendirinya gerakan yang dibangun akan mandiri.

“Terus berupaya untuk memberikan solusi-solusi berkaitan dengan permasalahan mahasiswa. Terlebih kemarin mengalami kekosongan kepemimpinan dan masih dalam tahap transisi dari Stikes menjadi Universitas. Jadi semangat itu harus terus digenjot. Kita masih dalam tahap merangkak,” tandasnya. (millah/initasik.com)