Ivan Dicksan | Jay/initasik.com
Informasi

Rencana Buat Akses Internet Gratis di Area Fasilitas Umum

initasik.com, informasi | Pemkot Tasikmalaya kembali melontarkan rencana membuat akses internet gratis di seluruh area fasilitas umum. Untuk mewujudkannya telah dijalin kerja sama dengan PT Telkom.

“Kita akan buka hotspot-hotspot untuk masyarakat. Tempat-tempat umum harus punya akses wifi. Tentu harus berinternet positif. Jangan buka yang macam-macam,” ujar Plt Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, saat membuka seminar digital marketing, di Gedung Aisyah, Jl. Ir. H. Juanda, Rabu, 20 September 2017.

Menurutnya, saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak bisa ditahan-tahan. Itu berdampak pada segala apsek kehidupan, termasuk memengaruhi pola dalam dunia dagang.

Untuk itu ia mengajak masyarakat agar bisa beradaptasi dengan perubahan dan memanfaatkan kemajuan teknologi. “Saat ini, marketing konvensional sudah mulai ditinggalkan, beralih ke digital marketing. Masyarakat mulai terbiasa belanja online. Anak saya saja mau beli mainan cukup buka internet, tidak perlu ke mal,” tuturnya.

Perubahan seperti itu semestinya ditangkap sebagai peluang untuk lebih mengembangkan segala potensi yang ada. Termasuk mengangkat potensi-potensi yang ada di Kota Tasikmalaya agar lebih dikenal dan berdaya saing.

“Kita punya banyak potensi yang perlu sentuhan kreativitas. Jangan terlena dengan nama besar, tanpa hirau dengan perkembangan saat ini. Kita sudah berkomitmen membangun pita lebar di seluruh wilayah kota, sehingga semua masyarakat bisa merasakan akses internet gratis,” tandasnya.

Kapan rencana itu dijalankan, ia belum bisa bicara lebih banyak. Namun, akan sepaket dengan pencetakan lima ribu wirausahawan baru dalam lima tahun ke depan yang diharapkan didominasi oleh kaum muda. Apalagi, sejak dulu karakter berwirausaha warga Tasikmalaya sangat kuat. Jiwa dagangnya mengakar. [Jay]