Informasi

Renovasi Bangunan Rusak Akibat Gempa, Uu Prioritaskan Gedung Pemerintah


initasik.com, informasi | Ratusan rumah di Kabupaten Tasikmalaya rusak akibat diguncang gempa yang terjadi pada Jumat, 15 Desember 2017. Bukan hanya rumah warga, gedung perkantoran, seperti Setda Kabupaten Tasikmalaya dan gedung dewan juga mengalami hal serupa.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan merenovasi gedung pemerintah dulu. “Yang paling utama kami akan bereskan dulu kantor pemerintahan, seperti setda dan DPRD, karena kelihatannya kurang bagus. Itu merupakan tampilan muka. Jangan terlihat compang-camping,” tuturnya usai melantik 67 kepala desa, di Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna,  Senin, 17 Desember 2017.

Saat terjadi gempa, puing-puing plafon di gedung setda hancur. Beberapa bagian ruangan terlihat rusak berat. Di kantor staf ahli bupati, misalnya. Baja ringan sebagai tumpuan atap ambruk.

Menurutnya, gempa yang terjadi jelang tengah malam itu menyebabkan juga warga terluka. Pihaknya juga memprioritaskan itu. Biaya pengobatannya ditanggung pemerintah. “Kami juga memberi bantuan sembako, termasuk pakaian seragam buku dan lainnya,” sebut Uu.

Terkait bantuan renovasi rumah-rumah warga, bupati mengatakan, instansi terkait masih menginventarisir. Setelah datanya lengkap, pihaknya akan segera minta bantuan kepada pemerintah provinsi dan pusat.

“Kami juga berharap pihak swasta dan masyarakat bisa memberikan bantuan, karena dana kami terbatas, sementara korban bencana banyak. Bantuan dari masyarakat itu sebaiknya dikoordinir di satu pintu supaya distribusi bantuannya merata,” papar Uu. [Dan]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?