Seminar kanker pada perempuan dan waspada kanker pada anak, di pendopo baru Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 11 November 2019
Birokrasi

Retinoblastoma, Kanker Mematikan yang Bisa Menimpa Anak

initasik.com, birokrasi | Kanker bukan saja mengancam orang dewasa, tapi juga bisa menimpa anak-anak. Yayasan Kanker Indonesia merilis, kanker pada anak merupakan penyebab kematian terbanyak untuk rentang usia 4 tahun sampai 15 tahun.

Ada enam jenis kanker pada anak yang mudah dikenali melalui gejala dan tanda-tandanya. Salah satu di antaranya adalah retinablostama. Itu merupakan tumor ganasi di dalam bola mata yang berkembang dari sel retina primitif atau matur dan merupakan tumor ganas primer terbanyak pada balita, dengan insiden tertinggi pada anak usia 2 tahun hingga 3 tahun.

dr. Shintasari, salah seorang pengurus Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Tasikmalaya, menyebutkan, dampak dari retinablostama bukan hanya akan menyebabkan kebutaan, tapi juga bisa mengakibatkan kematian.

Untuk pemeriksaan sederhana, cukup menggunakan senter yang diarahkan ke bola mata. Anak yang mengidap kanker retinablostama bisa diketahui bila saat disorotkan lampu senter ke matanya akan bersinar putih seperti mata kucing.

Shinta menyebutkan, Yayasan Kanker Indonesia mulai gencar melakukan sosialisasi tentang jenis-jenis kanker yang bisa mengidap pada anak, yakni retinablostama, leukemia, osteosarkoma, neuroblastoma, limfoma malignum, dan karsinoma nasofaring.

Terkait kanker retinablostama, Yayasan Kanker Indonesia akan memberikan pelatihan kepada para dokter yang bertugas di seluruh Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya sebagai salah satu upaya pendeteksian dini. ***