Peristiwa

Saat Peserta Lain Hormat Bendera, Beberapa ASN Malah Merokok

initasik.com, peristiwa | Pemandangan tak elok tampak dalam upacara Hari Jadi ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 29 November 2017.

Di saat peserta lain menghormat bendera, beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) memisahkan diri dari barisan, duduk-duduk sambil merokok dan bersenda gurau. Mereka tidak mengikuti apel dengan khidmat.

Bahkan, ketika membaca doa juga begitu. Peserta lain mengangkat tangan dan mengucapkan amin, mereka bergeming. Tidak beranjak dari tempat duduk, dan masih mengepulkan asap rokok.

“Itu sebetulnya tidak boleh. Pada saat upacara harusnya disiplin. Semua insan Korpri harus bisa menempatkan diri di manapun berada, apalagi ini sedang upacara hari Korpri,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kodir, saat diwawancara usai apel.

Kendati mengakui kejadian itu sebagai kelemahannya dalam membina para ASN, ia berkelit, mereka yang tidak disiplin dalam uparaca itu bisa jadi tenaga sukwan. “Akan saya telusuri dulu, apakah itu ASN asli atau sukwan. Kalau sukwan wajar, karena belum mengalami prajabatan,” kilahnya.

Menurutnya, kalau yang statusnya ASN pasti melewati masa prajabatan dan pendidikan lain yang di dalamnya diajarkan tentang kedisiplinan. “Kami akan terus memberikan pembinaan kepada seluruh ASN,” tandasnya. [Jay]