Peristiwa

Sanksi Ringan Bagi ASN Pemkot Tasik yang Bolos Kerja

initasik.com, peristiwa | Sebanyak empat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Tasikmalaya bolos di hari pertama kerja setelah libur lebaran. Hal itu diketahui saat Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, melakukan operasi mendadak ke beberapa dinas, seperti Dinas Perhubungan, Kominfo, Dinas Perpustakan dan Arsip daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kamis, 21 Juni 2018.

Keempat ASN yang bolos kerja itu berasal dari dua OPD, yaitu satu orang dari Dinas Perpustakan dan Arsip daerah, tiga orang lainya dari Dinas Kesehatan. “Mereka tidak masuk hari ini tanpa memberikan kabar apapun,” ujar Budi.

Menurutnya, mereka yang tidak masuk kerja akan mendapatkan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. Kendati begitu, pelayanan masih berjalan lancar. “Untuk mereka yang saat ini tidak masuk tanpa memberikan keterangan, nanti teknis sanksinya oleh BKD,” tandasnya.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Tasikmalaya, Asep Goparullah, mengatakan, ada tiga jenis sanksi yang bisa diterapkan, mulai sanksi disiplin ringan, sedang, hingga berat. Menurutnya, bagi mereka yang bolis kerja kemungkinan diberikan sanksi ringan.

“Pemberian sanksi itu akan dilakukan setelah mereka memberikan keterangan kenapa tidak masuk di hari pertama bekerja. Kalau misalkan alasanya tidak sesuai dengan aturan, maka sanksi diberikan. Kalau pemotongan Tunjangan Pajak Penghasilan (TPP), itu sudah jelas akan dipotong,” tutur Asep. [Eri]