Ilyas | initasik.com
Olahraga

Saum tak Halangi Sispala SMAN 1 Manonjaya Latihan Panjat Dinding


initasik.com, olahraga | Panjat dinding (wall climbing) merupakan salah satu olahraga ekstrim. Membutuhkan stamina prima yang mengutamakan kekuatan tumpuan kaki dan cengkraman tangan untuk menaiki papan. Tentu itu akan menguras banyak energi.

Kendati sedang saum, Siswa Pecinta Alam (Sispala) SMAN 1 Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, tetap semangat latihan. Aktivitas mereka cukup menarik perhatian pengunjung Alun-alun Manonjaya. Bahkan, beberapa di antara mereka mencoba memanjat papan.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Tedi, salah satu senior dan pemandu wall climbing mengatakan, aktivitas itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Sispala SMAN 1 Manonjaya. “Biasanya rutin hari Jumat. Tapi berhubung sekarang bulan Ramadan, kita lakukan setiap sore sambil ngabuburit,” ujarnya.

Selain wall climbing, beberapa teknik lain juga diperagakan, salah satunya Single Rope Technique (SRT). Teknik SRT biasanya digunakan untuk melintasi lintasan vertikal dengan menggunakan seutas tali. Di alam terbuka, teknik itu digunakan untuk menuruni gua vertikal, tetapi kali ini dipraktikkan untuk menuruni papan.

Ia menyebutkan, Sispala SMAN 1 Manonjaya merupakan binaan dari Khaniwata Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. [Ilyas]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?