Informasi

SDM Berkualitas Kunci Sukses Bangun Daerah


initasik.com, informasi | Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi, mengaku optimistis Jawa Barat bisa menjadi provinsi yang maju dan terpandang apabila para pendidik bisa mengelola sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

“Tapi, kalau kita tidak bisa mengelola SDM melalui pendidikan, maka jangan harap Jawa Barat bisa bangkit. Yang ada hanyalah persoalan-persoalan,” tandasnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan Lomba Kompetensi Siswa tingkat provinsi, di SMKN 2 Kota Tasikmalaya, Senin, 12 Maret 2018.

Menurutnya, saat ini ada banyak persoalan kehidupan yang terjadi di Provinsi Jawa Barat. Salah satunya pengangguran. Ada sekitar dua juta pengangguran di Jawa Barat. “Kemiskinan hampir menembus angka 10 persen, sehingga konflik-konflik sosial karena alasan kesempatan kerja dan ekonomi tidak bisa dihindari,” tegasnya.

Karenanya, tanggung jawab besar ada di pundak para pendidik. Keberhasilan seorang pendidik adalah ketika mampu mengantarkan peserta didiknya untuk sukses di masa depan kelak.

Terkait SMK, ia menegaskan, dukungan sarana dan prasarana yang sesuai dengan perkembangan zaman sangat penting untuk menunjang kompetensi siswa. “Contohnya sekarang karburator sudah ditinggalkan. Tapi anak-anak praktik menggunakan mesin mobil tahun 80-an. Itu tidak sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang,” tandasnya.

Untuk itu, tahun ini pihaknya akan lebih fokus pada pembenahan sarana dan prasarana di setiap SMK. “Insya Allah di tahun 2018 ini kita akan sedini mungkin melakukan proses pengadaan, terutama untuk alat praktik SMK,” sebutnya. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?