Edukasi

SDN 5 Sukamenak Siap-siap Ikuti Sekolah Adiwiyata

initasik.com, edukasi | SDN 5 Sukamenak, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, tengah bersiap-siap mengikuti sekolah Adiwiyata tingkat kota. Lingkungan sekolah dibenahi, mulai penanaman pohon sampai pembiasaan hidup sehat dan bersih.

“Para siswa dan guru bekerja sama. Hampir setiap hari melakukan pembersihan dan pemeliharaan tanaman yang ada di lingkungan sekolah,” ujar Kepala SDN 5 Sukamenak, Yati Daryati.

Namun, sambung Yati, penataan lingkungan sekolahnya seringkali terganggu luapan air sungai yang ada depan sekolah. “Terhitung sudah lima kali sekolah ini kebanjiran yang membuat tanaman rusak dan mati, sehingga kami harus mulai dari awal lagi. Meski demikian, kami tetap optimistis. Bagaimanapun caranya, penghijauan harus tetap digalakan,” paparnya.

Ia berharap, sekolah Adiwiyata atau sekolah yang berlingkungan bersih dan sehat bisa terlaksana sesuai dengan visi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) SD Negeri 5 Sukamenak yang berkualitas, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, peduli dan berbudaya lingkungan dengan ditopang oleh IMTAQ dan IPTEK.

Terkait hal lain, ia menyebutkan, minat orangtua siswa untuk menyekolahkan anak ke SDN 5 Sukamenak selalu meningkat setiap tahunnya. Hal itu terbukti dari ruang kelas yang penuh, sehingga pihaknya harus membagi dua rombongan belajar di setiap kelasnya.

“Kalau dibagi menjadi sekolah pagi dan siang, kami terbentur dengan sekolah agama dan berhubung lahan sekolah yang sempit, otomatis harus dibangun ke atas sebanyak enam ruang kelas lagi,” imbuhnya. [Kesit]

Komentari

komentar