Kesehatan

Sebelum Jadi Tumor Ganas, Hilangkan Kutil dengan 4 Bahan Alami Ini!

Kutil adalah lapisan luar kulit yang menebal dan biasanya digolongkan sebagai tumor jinak. Penyebab tumbuhnya kutil adalah human papilloma virus (HPV). Selain mengganggu penampilan, kutil juga dapat berubah menjadi ganas. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya kutil segera diatasi. Berikut bahan-bahan alami yang bisa diandalkan untuk menghilangkan kutil:

1.Bawang putih

Dalam bawang putih terdapat senyawa alicin yang dapat menjadi komponen antivirus. Kamu tinggal menggosok-gosokkan bawang putih pada kutil. Namun sebelum melakukannya, pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap bawang.

2.Larutan garam

Garam memiliki kandungan abrasif yang dapat mengangkat sel kulit mati di sekitar benjolan kutil. Pengobatan ini akan semakin maksimal jika dikombinasikan dengan batu apung. Caranya dengan merendam kulit yang berkutil di larutan garam lalu pakai batu apung untuk menggosok-gosokannya.

3.Daun kemangi

Sama seperti bawang putih, daun kemangi juga mempunyai kandungan antivirus yang mampu melawan HPV dalam kutil. Simpan daun kemangi yang sudah dilumatkan di atas kutil, lalu tutup dengan plester.

4.Potongan lemon

Tingginya kadar asam dalam lemon dapat membantu menghilangkan kutil secara alami. Selain itu, vitamin C di dalamnya juga berguna untuk menangkal radikal bebas. Lakukan penggosokan pada kutil dengan potongan lemon secara teratur.

Kalau sudah mencoba melakukan cara-cara diatas namun kutil tidak juga hilang, segera periksakan ke dokter kulit!