Informasi

Sebulan Butuh 130 Labu Darah untuk Penderita Thalasemia

initasik.com, informasi | Penyakit thalasemia merupakan mimpi buruk bagi setiap orang. Secara fisik terlihat sehat seperti pada umumnya, tetapi ada bagian-bagian organ tubuh dalam yang mengalami kelainan.

Salah satunya adalah kelainan pada darah yang diakibatkan oleh faktor genetika, sehingga menyebabkan  protein yang ada didalam sel darah merah, tidak berfungsi secara optimal. Hemoglobin rendah. Karenanya, mereka harus melakukan penambahan darah setiap bulannya untuk bisa menambah kadar hemoglobin yang terus menurun lantaran beraktivitas.

Di Kota Tasikmalaya, khususnya di RSUD dr. Soekardjo, tercatat ada sekitar 80 anakyang menderita thalasemia. Oos, pembina Relawan Thalasemia RSUD Kota Tasikmalaya, mengatakan, dalam kurun waktu satu bulan, pihaknya memerlukan 130 labu darah untuk mereka.

Ia mengaku sering kelimpungan mencari darah sebanyak itu. Pasalnya, jumlah persediaan darah di Kota Tasikmalaya tidak terlalu difokuskan untuk pengobatan thalasemia. “Ada yang dipakai buat cuci darah dan lainnya,” sebut Oos di sela acara donor darah bersama yayasan Setara di Asia Plaza, Kota Tasikmalaya, Senin, 10 Juli 2018.

Untuk memenuhi kebutuhan darah, pihaknya harus berusaha ekstra, seperti mendatangi kampus-kampus dan lembaga lain. Menurutnya, kebutuhan darah setiap penderita masing-masing berkisar antara dua sampai tiga labu per bulannya. [Eri]