Edukasi

Sediakan Rak Buku di Setiap Kelas Mudahkan Siswa Membaca

initasik.com, edukasi | Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendorong siswa agar gemar membaca. Salah satunya dengan menyediakan rak buku di setiap kelas. Diisi berbagai ragam buku pelajaran maunpun non-pelajaran.

Demikian yang dilakukan SDN 1 Dawagung, Kp. Cibogo, Desa Dawagung, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. Selain rak buku, terlihat juga alat musik tradisional, dan media pembelajaran yang menempel di dinding kelas.

“Ini bisa jadi media anak-anak untuk belajar. Setiap kelas minimal ada 35 judul buku,” kata Enung Sukarsih SPd, guru SDN 1 Dawagung.

Ia mengatakan, cara mengajar atau mengarahkan anak seperti itu terbilang baru dilakukan. Sebelumnya, anak diarahkan membaca ketika ada pelajaran yang berkaitan dengan membaca saja.  “Dengan sendirinya sekarang anak-anak mulai pukul 7 sudah membaca,” ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut dia, anak-anak sulit melakukannya. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang anak-anak mulai gemar. Terlihat dari antusias anak ketika disuruh membaca di depan anak-anak yang lain.

“Sekarang mah ini jadi kegiatan rutin sebelum kegiatan belajar mengajar. Tidak sedikit anak pas istirahat yang membaca buku atau memainkan alat musik,” ujarnya.

Selain anak diarahkan, sosok guru harus memberikan contoh agar menjadi teladan bagi anak-anak. Siswa dan guru sama-sama sebagai pembelajar.

Program tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Soalnya, di Tahun 2017 sekolah tersebut banyak mendapatkan prestasi tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. “Selain ada pembinaan sebelum lomba, juga sehari-harinya anak sudah dipersiapkan lewat program seperti yang tadi diceritakan. Dipersiapkan sejak awal. Buktinya Alhamdulillah tahun sekarang mendapatkan 12 piala,” katanya. [Syaepul]